Sejarah


Senin, 11 September 2017 | 11:56:27 |Dibaca : 968 Pembaca
about img

Sejarah Singkat

                            Pada awalnya STKIP Abdi Pendidikan berada di Bukittinggi pada tahun 1984, dengan didirikannya Yayasan Abdi Pendidikan oleh 3 orang pendiri Yayasan :

a.       H. Amiroeddin Syarif, SH

b.      Drs. H.Munir Rusli

c.       Hj. Syamsiah Abbas.

               Yayasan ini didirikan dengan maksud membantu terlaksananyan pendidikan dalam arti seluas-luasnya, sehingga bisa mencapi keberhasilan disegala bidang terutama menunjang dan menghasilkan guru-guru yang pada gilirannya, yang mampu menghasilkan anak didiknya yang dapat bertanggung jawab dibidang ilmu yang diembannya.

               Dengan tujuan seperti tersebut diataslah, yayasan Abdi Pendidikan didirikan. Selanjutnya H.Amiroeddin Syarif, SH dengan membawa surat-surat yang diperlukan telah menghadap ke Kopertis Wilayah I Medan guna mendapatkan izin dan Kopertis memberikan izin untuk berdirinya STKIP Abdi Pendidikan dengan izin operasional dengan SK No. 142/SK/KOP-I/1984. Izin tersebut dilaksanakan dengan 4 jurusan yakni:

a.       Jurusan Pendidikan Moral Pancasila dan Kewarganegaraan Program S1 dan D3

b.      Jurusan Pendidikan Sejarah dengan Program S1 dan D3

c.       Jurusan Pendidikan Dunia Usaha dengan Program S1 dan D3

d.      Jurusan Pendidikan Geografi dengan Program S1 dan D3.

               Selanjutnya pada tahun 1986 Menteri Pendidikan dan Kebudayan Republik Indonesia memberikan Keputusan dengan No. 0534/)/1986, yakni Pemberian Status Terdaftar kepada jurusan / program studi di lingkungan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yayasan Abdi Pendidikan di Bukittinggi dengan Jurusan sebagai berikut:

a.       Jurusan Bahasa dan Seni

1)      Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

2)      Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

b.      Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Program Studi Pendidikan Biologi

c.       Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

1)      Program studi Pendidikan Moral Pancasila dan Kewarganegaraan.

2)      Program Studi Pendidikan Tata Niaga

3)      Program Studi Pendidikan Geografi

4)      Program Studi Pendidikan Sejarah

 

         Untuk program S1 dan D3

                        Selanjutnya pada keputusan Direktur Jenderal Pendidkkan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 87/DIKTI/Kep/1992 tentang Pemberian Status Diakui kepada Jurusan/program Studi dilingkungan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Abdi Pendidikan di Bukittinggi. Menetapkan memberikan status Diakui kepada :

a.       Jurusan Bahasa dan Seni

1)  Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

2)  Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

b.      Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Program Studi Pendidikan Biologi

c.       Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

1)  ProgramStudi  Pendidikan Moral Pancasila dan Kewarganegaraan.

2)  Program Studi Pendidikan Tata Niaga

3)  Program Studi Pendidikan Geografi

4)  Program Studi Pendidikan Sejarah

                                    Untuk jenjang program D3 dan S1 di lingkungan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Abdi Pendidikan oleh Yayasan Abdi Pendidikan Bukittinggi di Bukittinggi.

                        Selanjutnya pada tahun 1990, sewaktu saya “H.Amiroeddin Syarif, SH”, masih berdinas di Payakumbuh sebagai Kepala Kejaksaaan Negeri Payakumbuh, oleh Bapak Walikota Payakumbuh ketika itu Drs. Muhtiar Muchtar telah meminta kepada saya kiranya sekurang-kurangnya dua jurusan STKIP Abdi Pendidikan di Bukittinggi dapat dipindahkan ke Payakumbuh dengan alasan banyaknya pihak guru-guru dan mahasiswa biasa yang perlu menyambung pendidikan ke STKIP.

                        Setelah usul dari Bapak Walikota tersebut, kami mempertimbangkan oleh STKIP Abdi Pendidikan adalah wajar untuk diikuti. Dengan surat dari Bapak Walikota, “Drs Muhtiar Muchtar”, yang ditunjuk kepada Kopertis tanggal 10 Februari 1999 No.420/208/Kesra/160 dan surat Kakandepdikbud Kotamadya Payakumbuh tanggal 10 Februari 1990 No. 534/108.14/I-1990.

                        Kopertis Wilayah I mempertahankan perkuliahan mahasiswa di Payakumbuh untuk dua perkuliahan saja, yaitu jurusan Bahasa Inggris dan Sejarah.Selanjutnya berdasarkan permintaan dari Walikota Payakumbuh Bapak Darlis Ilias, SH yang menghendaki agar STKIP Abdi Pendidikan secara keseluruhan dipindahkan dari Bukittinggi ke Payakumbuh.

                        Permintaan Walikota tersebut, setelah dipertimbangkan secara antara lain memang jumlah mahasiswa lebih lanjut berasal dari Payakumbuh, maka STKIP menyetujui permintaan Walikota tersebut diatas. Untuk memperoleh izin kepindahan ini pendiri Yayasan H.Amiroeddin Syarif, SH bersama Hj.Elva Bahar, SH dengan membawa surat dari  Ketua Yayasan “ Siti Moesfirah”, telah menghadap kepada Direktur Jenderal Tinggi di Jakarta dan kepindahan ini diperkenankan oleh Direktur tersebut, dengan suratnya No. 397/Dikti/Kep/1999.

                        Demikianlah semenjak waktu perizinan itu diperoleh STKIP Abdi Pendidikan telah melaksanakan tugasnya dan berada di Payakumbuh.  


Iklan Layanan